-->

Puasa Senin Kamis: Niat, Keutamaan, dan Manfaat

 


Puasa Senin Kamis bukan tidak ada dasar untuk melakukannya. Nabi Muhammad mencontohkan umatnya untuk berpuasa Senin Kamis.

Diriwayatkan Aisyah RA, ia mengatakan: "Rasulullah SAW sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis." (HR Tirmidzi, An Nasai, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad).


Sebelum puasa Senin Kamis, kita harus membaca niat puasa Senin Kamis.

Niat Puasa Senin:



نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala."


Niat Puasa Kamis:


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."


Lalu apa keutamaan puasa Senin Kamis dan manfaatnya?


Dikutip dari buku Puasa Senin-Kamis karya Mahmud Ahmad Mustafa dan Rahasia Rumah Tangga Rasullah oleh Yola Hemdi, keutamaan puasa Senin Kamis yakni:


1. Hari Ketika Amal Para Hamba Diperiksa

Nabi Muhammad SAW memberikan contoh berpuasa senin kamis pada umatnya. Alasannya salah satunya karena hari Senin dan Kamis amal-amal para hamba akan dilaporkan dan diperiksa oleh Allah.


Hal ini sesuai dengan Hadits Tirmidzi, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:


"Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit) pada hari Senind an Kamis. Oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang puasa." (HR Tirmidzi).


Puasa mampu menjadikan pelakunya menjadi orang yang bertakwa. Orang yang berpuasa sanggup mengekang dirinya dari segala dosa dan maksiat.


Kebanyakan amal tidak diterima oleh Allah karena masih ada yang menghalanginya. Walaupun dalam beramal kita telah ikhlas, jika bersaam dengan amal itu kita menyakit atau berbuat salah pada orang lain, maka amal kita akan sulit diangkat.



2. Hari Dibukanya Pintu-pintu Surga

Setiap tahun, Allah waktu khusus untuk membukakah pintu surga yakni pada bulan Ramadhan. Namun setiap pekannya, Allah membukakan pintu-pintu surga untuk hamba-Nya pada hari Senin dan Kamis.


"Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka diampuni dalam kedua hari itu setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang di antaranya dan saudaranya terdapat permusuhan. Kemudian dikatakan, lihatkah kedua orang ini hingga keduanya berdamai." (HR Al Khatib, Muslim, ABu Daud, Nasa'i, At-Tarmidzi, dan Ibnu Hibban).


3. Senin, Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Senin adalah hari istimewa karena hari itu Allah telah melahirkan manusia pembawa rahmat yakni Nabi Muhammad SAW. Muhammad lahir pada Senin, 12 Rabiulawal tahun 571 Masehi.


Sebagai penghormatan atas kelahirannya, Beliau menjalankan puasa pada hari itu. Sebab pada hari itu wujud kesyukuran Beliau kepada Allah SWT.


Abu Qatadah ra menceritakan, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa pada hari Senin. Jawab Beliau:


"Hari itu saya dilahirkan, hari itu saya diutus, dan di hari itu Al Quran diturunkan kepadaku." (HR Muslim).


4. Senin, Hari Diutusnya Muhammad SAW

Allah menurunkan wahyu-Nya berupa Kitab Suci Al Quran kepada Nabi Muhammad pada hari Senin. Karena hari senin merupakan hari diturunkannya Al Quran, Nabi Muhammad menyambut dengan ritual khusus pada hari itu yakni berpuasa.


Sebagai umat Islam yang baik, tentunya kita lebih mengagungkan hari lahirnya Nabi Muhammad dan Al Quran dengan berpuasa sebagaimana Nabi SAW telah mencontohkannya.


Kemudian manfaat puasa Senin Kamis yakni dapat meningkatkan amalan baik, bisa menjadi benteng bagi jiwa, keimanan yang kuat, sehat bagi tubuh, dan lainnya.


Dalam buku The Miracle Of Puasa Senin Kamis oleh Ubaidurrahim El-Hamdy, disebutkan bukti puasa Senin Kamis dapat memudahkan seseorang mendapatkan jodoh:


Orang yang membiasakan puasa Senin Kamis akan menjadi pribadi yang bertakwa. Kalau sudah begitu, bukankah Allah SWT akan memberikan kemudahan kepada hamba-Nya yang bertakwa termasuk mendapatkan jodoh? Jadi biasakan puasa Senin Kamis mulai sekarang ya.

0 Response to "Puasa Senin Kamis: Niat, Keutamaan, dan Manfaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel js

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel